Pembimas Hindu Sulawesi Tenggara Bersama Pengurus Yayasan dan Pengelola PWP Dharma Kertih
Berita

SAH! Sultra Miliki 8 Pasraman Formal Tingkat PWP

Kabar gembira bagi umat Hindu di Sulawesi Tenggara (Sultra), sejak 18 Juli 2023 bertambah jumah Pasraman Formal Tingkat Pratama Widya Pasraman (PWP-TK-PAUD) dari 7 menjadi 8 PWP.

PWP Dharma Kertih yang berada di bawah binaan Yayasan Mahotama Parisad Dharma Kertih Désa Kasaeda, Kec. Uepai, Kabupatèn Konawe, berdasarkan SK Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I. No. 185 Tahun 2023. PWP Dharma Kertih juga sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama R.I. dengan Nomor: 3548/DJ.VI/PP.00.11/07/2023 tanggal 24 Juli 2024.

Selain menjadi PWP ke-8 di Sultra, PWP Dharma Kertih juga menjadi PWP pertama di Kabupaten Konawe. Kabupatèn dengan jumlah umat 10.000-an jiwa. Tentunya ini adalah potensi Sumber Daya Manusia yang besar untuk bisa mendukung keberadaan Pasraman Formal di Kabupaten ini.

Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra, I Komang Sukeyasa menyampaikan bahwa dengan terbitnya SK Dirjen tentang Izin Pendirian dan Operasional Pasraman ini, bisa membangun dan meningkatkan infrastruktur Pendidikan Keagamaan Hindu yang lebih baik di Sulawesi Tenggara ke depan.

“Ini (PWP Dharma Kertih) adalah TK Hindu pertama di Kabupaten Konawe, dan nanti akan ada lagi disusul 1 TK Hindu lagi, yaitu PWP Widya Candra di Sendang Mulyasari. Semoga izin operasionalnya dapat terbit di bulan Juli ini juga, maka di Konawe akan ada 2 Pratama Widya Pasraman, ini sudah divisitasi tanggal 26 Juli kemarin oleh Tim Direktorat Pendidikan Dasar Ditjen Bimas Hindu,” tuturnya.

Proses Pembelajaran PWP Dharma Kertih
Proses Pembelajaran PWP Dharma Kertih

“Ini artinya semangat umat membangun pendidikan Keagamaan Hindu di wilayahnya sudah semakin kuat dan besar. Apalagi ada dukungan dari lembaga, baik Adat, Parisada, dan lainnya. Dukungan ini tentu bukan hanya dukungan moril, namun juga materiil,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Dirjen Bimas Hindu Menyapa: Prof Duija Ajak Kasubdit Penyuluhan Susun Program Kompetensi Penyuluh Tingkat Nasional bertajuk Dharma Nugraha Mahotama

Agus Ariadi ketua Yayasan Mahotama Parisad Dharma Kertih sangat bersyukur SK izin pendirian dan operasional PWP Dharma Kertih sudah keluar.

“Bersyukur sekali izin sudah keluar pak, atas dukungan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra dan Penyelenggara Bimas Hindu Konawe, kami akhirnya bisa mewujudkan impian memiliki Pasraman Formal di Konawe. Saat ini PWP Dharma Kertih memiliki 25 orang jumlah siswa, 4 orang guru dan 2 tenaga kependidikan,” sampainya.

Keberadaan PWP Dharma Kertih ini akan menjadi spirit baru dalam pengembangan SDM Hindu sejak usia dini di Sulawesi Tenggara. Tentu bukan dalam hal membatasi diri dengan umat lain, namun lebih menekankan pada penguatan sradha generasi Hindu agar memiliki pemahaman keagamaan yang kokoh sebagai pondasi dalam menjalani kehidupan.

Redaksi MH 1
Author: Redaksi MH 1

Melek Hindu merupakan situs online yang memiliki misi untuk pengembangan literasi Hindu di Indonesia. Selain menyampaikan beragam informasi atas keberadaan Hindu yang multikultur di Nusantara, melek Hindu memberikan perspektif dan gagasan mengenai Kehinduan yang lebih kontekstual dan dinamis.

Melek Hindu merupakan situs online yang memiliki misi untuk pengembangan literasi Hindu di Indonesia. Selain menyampaikan beragam informasi atas keberadaan Hindu yang multikultur di Nusantara, melek Hindu memberikan perspektif dan gagasan mengenai Kehinduan yang lebih kontekstual dan dinamis.